Sabtu, 19 Oktober 2013

Metamorfosis (Perubahan Kecil dalam Hidup)

 
 

Bismilahhirahmanirahim..

Senin, 2 Januari 2012 sekitar pukul 06.03 aku tiba di sekolah, hari pertama masuk sekolah setelah libur semester 3 sekitar 9 hari (Hmm.. liburnya kurang lama). Belum lagi aku selesai memarkirkan motorku, Egi (salah satu teman sekelasku) yang terlebih dahulu datang buru-buru menghampiriku lalu berkata “Asta.. tobat kah neng ?” dan aku hanya tersenyum mendengar ucapannya kemudian kami sama-sama berjalan menuju kelas. Dalam perjalanan menuju kelas beberapa teman terus memperhatikanku dan di saat itu aku berpapasan dengan Ona (teman sekelasku sewaktu kelas sepuluh) “Aaaa.... Yete.. penampilan baru kam” ujarnya dengan nada tinggi dan menghampiriku. Karena aku kaget dengan teriakkanya aku langsung pergi menghindarinya ternyata, dia mengejarku sampai ke kelas. Kebiasaan dia kalo ketemu aku pasti kalo nggak nyubit kedua pipiku ya pasti ketawa-ketawa nggak jelas (aduhh.. memang anak satu itu).

Saat aku memasuki kelas, teman-temanku pun tidak kalah terkejutnya seperti halnya Ona. Mereka menatapku seolah-olah aku ini seperti orang asing, orang yang tidak pernah mereka lihat. “Loh.. Yanti ?”, “Ehh..Yanti kah nih ?”, “Ya ampun.. Yanti tobat kah ?”, “Ihh.. Yanti kah ? kok nggak mirip sih ?”. Itu koment mereka saat melihatku tadi pagi, dan aku hanya menjawab dengan senyuman.

Sewaktu upacara bendera teman-teman dan kakak kelas (terutama anak kelas XII Bahasa) pun nggak kalah kagetnya melihat penampilanku yang tiba-tiba berubah. Setelah upacara kak Ayu (kakak kelasku) yang datang mencari ku kekelas, hmm.. dasar teman-teman ku di kelas suka ngerjain orang, mereka bilang aku nggak masuk sekolah. Tapi akhirnya mereka kasian ngliat tampang kak Ayu, mereka memberi tau kalo hari ini aku masuk dan menujuk ke arahku. Kak Ayu bingung mencari sosok diriku yang jelas-jelas sedang duduk di barisan paling depan. Akhirnya aku berjalan menghampirinya dan seketika itu juga dia tertawa dan berkata “Nah ini dia, Hmm... tobat am kah ??” dan sekali lagi aku hanya diam.

Semua itu gara-gara mereka melihat sebuah perubahan dalam gaya berpakaianku, sangat tampak sekali perbedaan dibanding dengan gaya berpakaianku sebelumnya. Kini aku mengenakan baju lengan panjang, rok panjang dan tidak lupa aku juga mengenakan kerudung (aduh.. nyari sensai ja aku nih).

Hmm..  {-Tahun Baru-Baju Baru-Penampilan Baru- }.

Hmm.. alhamdulillah salah satu niat dan keinginanku telah terwujud. Sebenarnya sudah lama aku ingin mengenakan kerudung (dari sebelum masuk sma), tapi entah kenapa niat itu terhambat karena nyaliku kecil untuk memulainya dan kakakku pun  mengejekku  (huh.. dia memang tidak pernah pro dengan semua tindakanku), “buat apa pake kerudung kalo sholat aja masih bolong-bolong” katanya (hehe.. maklum waktu jaman lulus smp aku banyak mainnya). Setelah itu, nyaliku pun semakin kecil dan sempat beberapa saat keinginan itu ku lupakan. Tapi setelah hampir setahun aku duduk di bangku sma, aku kembali teringat akan keinginanku yang belum terwujud itu. Dan terbesit dalam benakku untuk mewujudkan keinginanku itu.

Sedikit demi sedikit aku mulai membenahi diri, berusaha melakukan semua yang telah di perintahkan oleh Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Niat ku pun semakin kuat setelah aku mengikuti pengajian di SPANSA yang di bimbing oleh kak Fenny . Aku banyak belajar darinya, memperdalam ilmu agama dan dia juga sering mengingatkan ku tenteng cara bergaul dengan lawan jenis, mengingatkan tentang batasan-batasan antara lawan jenis. Dia adalah sesorang motivator dan penasehat bagiku. Di saat aku berada dalam masa-masa sulit, saat aku merasa lelah dalam usahanya mewujudkan keinginan ku itu, di selalu menolongku. Syukron ya ukhti..^^

Kini aku sudah membulatkan tekatku, meluruskan niatku hanya karena Allah SWT dan memberanikan diriku untuk menutup aurat seperti yang telah di perintahkan oleh Allah SWT dalam Al- Quran surah Al-Ahzab ayat 59 :
“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal dan oleh karenanya mereka tidak diganggu. Dan ALLAH SWT Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Al-Ahzab: 59).



Semoga ini bukan suatu akhir, tapi merupakan suatu awal yang baik dari perjalanan hidupku. Aamiin ya Rabb..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar